Setiap Motor Punya Bahasa Desain Yang Beda dan Khas Lho!

Halo!

Kali ini Ane tertarik untuk membahas desain motor yagn sering di temui di Indonesia, khususnya The Japanese Big Four. Yups siapa lagi kalo bukan Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Oke Kita Mulai langsung bahas desain pabrikan jepang berikut ini:

 

 https://i2.wp.com/bmspeed7.com/wp-content/uploads/2019/11/Honda-CBR1000RR-R-SP-Fireblade-2020-RWB.jpg?ssl=1 

1. Honda

Siapa yang gak pernah liat motor Honda di jalan? dari Bocil sampe aki2 sepuh pasti tau merk satu ini. Honda selama ini punya desain yang mengacu pada filosofi tujuan pembuatan produknya, maksudnya? Yup secara umum Honda selalu mengedepankan Reliability dan fungsionalitas di atas segalanya dalam desain di produk Motor mereka. 

Desain yang mereka ciptakan cenderung simple dengan lekukan yang rounded dan menyatu dari depan sampai ke belakang dan sangat menonjolkan fungsi dari masing masing genre di produknya. Mayoritas desain Honda berkesan Mature dan mengalir dan sangat bisa di terima banyak orang. gak heran sampe sekarang Honda jadi pabrikan No.1 di Dunia, termasuk Indonesia.

Honda memakai warna RWB (Red, White, Blue) sebagai warna corporate di produk motornya.

 

 https://www.bennetts.co.uk/-/media/bikesocial/2019-september-images/2020-yamaha-yzf-r1-and-r1m-review/2020-yamaha-r1-and-r1m_020.ashx?h=493&w=740&la=en&hash=B7CAFAB1AE9B952851EFB334EF5A5463DB3F9947

2. Yamaha

Pabrikan satu ini punya backround pembuat alat musik (dan gak cuma suling) dimana filosofi desainya mengacu ke tarikan garis dan shape yang futuristis dengan ciri khas desain lancip perpaduan dengan aura balap yang coba di terapkan di basis desain tiap genre produk massalnya. Yamaha sangat jago bikin desain yang Cantik dan dan racy di satu desain secara bersamaan dan memang bukan tanpa minus dari keputusan ini. desain mereka cenderung energik dan sangat di sukai jiwa muda di tiap jamannya tapi tingkat penerimaan desainnya tidak seluas Honda yang lebih generik dan umum.

Walau bagaimanapun, Yamaha selalu berusaha mengedepankan unsur seni di tiap desainnya sesuai dengan semangat perusahaan mereka di bidang alat musik dimana unsur seni dan kreatifitas sangat di junjung tinggi seperti umumnya pabrikan alat musik.

Yamaha memilih warna biru tua sebagai warna corporate di line up motor mereka.

 

https://bikenationmag.com/wp-content/uploads/2015/09/2015-Kawasaki-Ninja-H2R-Wallpaper-1-1024x768.jpg

3. Kawasaki

Desain Kawasaki cenderung maskulin dan jauh dari kata cantik, bisa dibilang ya bertolak belakang dengan filosofi Yamaha. ngintip kebelakang dimana memang Kawasaki Motor lahir dari bisnis utama mereka di bidang alat berat dan militer. filosofi desain mereka juga seolah mencerminkan kekuatan dan durability sebuah alat berat dimana image maskulin jadi poin yang paling menonjol disini,

Seringkali Kawasaki buat garis desain dengan lekukan yang cenderung menonjolkan bentuk mesin dan frame yang punya aura padat berisi dan angker. jauh dari kata cantik tapi mayoritas orang pasti setuju kalo liat Kawasaki langsung yakin dengan kualitas produknya dan memang inilah yang Kawasaki mau.

Oiya, Kawasaki suka pake warna Hijau muda sebagai warna corporatenya yang kadang di mix dengan hitam atau abu abu.

 

http://www.autonews.mowval.com/images/bike_model/f3620f5b015a3de198b3021a6446456a1434026650.jpg

4. Suzuki

Last but not least, pabrikan yang sekarang lebih terkenal di kendaraan roda empat dan sektor niaga ini juga punya jalan ninjannya filosofi desainnya sendiri lho di produk motornya. mereka mengedepankan simplisitas dan bentuk yang everlasting kedepannya di tiap desain yang mereka buat dimana memang mencerminkan ego sang pabrikan ini yang sangat kuat menentang desain umum yang lagi hype di tiap jamannya.

Hal ini juga yang buat desain mereka anti mainstream dan terkenal nyeleneh waktu pertama kali diliat. tapi efek positifnya Suzuki paling jago bikin desain yang everlasting untuk 5-10 tahun kedepannya dimana gak bikin cepat bosan walaupun sulit di terima di awal perjumpaan, ibarat cinta akan mengiringi seiring berjalannya waktu (lebay hahaha).

Warna Corporate mereka adalah biru muda dan di kombinasi dengan putih atau silver.

 

Yups itu dia bahasan tentang masing masing filosofi desain dari 4 pabrikan motor jepang yang namannya udah mendunia sampe sekarang, setiap orang pasti punya seleranya sendiri dan begitupun pabrikan yang membuat produknya selalu punya cerita di balik desainnya.

 

Semoga bermanfaat bray!

Comments

Popular Posts